Cara Memasarkan Produk Baru

20 July 2014
Komentar : 1
Kategori: Informasi
20 July 2014, Komentar : 1

Cara memasarkan produk baru, sepertinya ini adalah hal yang menarik untuk kita bahas, Mengapa? Pemasaran adalah kegiatan yang tidak hanya menarik namun luar biasa menarik. Karena dengan melakukan kegiatan pemasaran cara berpikir kita akan lebih luas dan terus up to date. Selain itu kegiatan pemasaran juga menambah relasi kita menjadi lebih banyak, Silaturahmi dapat terjalin dengan banyak orang. Ingat… silaturahmi bisa bikin awet muda lho…

Pemasaran, selama ini istilah ini hanya terkotak pada menjual dan menjual, sales dan sales. Jangan salah, pemasaran tidak hanya kegiatan menjual saja, bahkan sebelum anda membuat atau memproduksi sebuah produk pertama yang harus Anda pikirkan adalah pasar. Mengapa pasar? silahkan Anda cermati, jika anda memproduksi barang yang tidak berorientasi pasar, maka tunggulah produk anda akan segera hengkang dari pasar karena Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar.

Sesuai dengan tema pembahasan kita kali ini, Cara Memasarkan Produk Baru. Banyak sekali tantangan yang akan kita hadapi untuk memasarkan produk baru, Anda akan sedikit berdarah – darah untuk mengenalkan kepada pasar atau calon konsumen Anda. Namun sebenarnya hal ini tidak akan terjadi jika Anda jeli.

Namun pada dasarnya yang harus kita perhatikan adalah KEBUTUHAN dan KEINGINAN konsumen atau pasar, hanya itu saja. Inilah yang saya katakan diatas bahwa pemasaran tidak hanya kegiatan menjual dan menjual, namun pada saat akan membuat produk Anda sudah harus memikirkan pasar agar produk Anda laku atau diterima pasar. Artinya, jika Anda membuat produk baru, sekali lagi membuat belum memasarkan, yang harus Anda perhatikan adalah kebutuhan dan keinginan konsumen. Jika Anda jeli terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen, tinggal menunggu saja maka produk Anda akan booming dalam waktu yang singkat.

Inti dari itu semua adalah RISET PASAR, ini yang Anda harus lakukan jika ingin membuat produk baru:

  1. Bidik Segmen Pasar (Apa yang dibutuhkan?)
    Agar lebih gampang memahami saya berikan contoh yang mudah. Pastikan segmen pasar Anda terlebih dahulu, Misal Anda akan membidik kaum hawa. Anda harus jeli, apa yang dibutuhkan oleh kaum hawa? Kecantikan, Fashion, Model Rambut dan lain sebagainya silahkan dipikirkan apa yang mereka butuhkan. Setelah Anda mengumpulkan data tentang apa yang mereka butuhkan, silahkan Anda pastikan Anda akan masuk di kebutuhan yang mana? Misal Anda masuk pada kebutuhan kecantikan, Anda akan membuat sebuah produk pendeteksi kerutan wajah pada wanita, dengan alat tersebut wanita bisa mengetahui kapan wajah mereka akan terdapat kerutan.
  2. Kenali Keinginan Pasar
    Tidak hanya kebutuhan pasar saja, namun pasar mempunyai keinginan. Kebutuhan bersifat global sedangkan keinginan bersifat individual. Misal: Semua wanita butuh cantik, namun keinginan wanita akan kecantikan berbeda-beda, ada yang ingin atau merasa cantik jika rambutnya pendek dan ada yang merasa cantik jika rambutnya panjang. Semua orang membutuhkan rumah namun keinginan akan rumah masing-masing orang berbeda-beda, ada yang ingin rumah minmalis dan lain sebagainya, itulah perbedaan kebutuhan dan keinginan.

Jika Anda telah mendapatkan data tentang kebutuhan dan keinginan pasar, maka mulailah Anda memprosuksi produk baru Anda tersebut. Dengan demikian produk baru Anda tersebut akan dengan mudah diterima oleh pasar.

Khusus untuk Anda yang bekerja sebagai sales sebuah produk yang memang produk tersebut benar-benar baru, saran saya adalah Anda harus benar-benar memahami product knowledge. Siapa yang membutuhkan produk Anda? jual kepada mereka yang membutuhkan jangan salah menjual. Saya yakin perusahaan yang memproduksi telah menganalisa pasar dengan baik. Jadi Anda sebagai seorang sales tinggal mempelajari segmentasi dan target pasar Anda.

Jadi kesimpulan dari pembahasan kita kali ini tentang Cara memasarkan produk baru adalah, kenali dan pahami dengan baik siapa yang membutuhkan dan menginginkan produk Anda. Sebaru apapun produk Anda jika Anda tahu kebutuhan dan keinginan pasar maka tidak ada sulitnya untuk menjual,  begitu juga sebaliknya selama apapun prosuk Anda namun Anda tidak paham segmentasi dan target pasar Anda makan Anda akan kesulitan untuk menjual.

Saya sarankan untuk mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen dengan mudah, lakukan riset melalui online dan jual juga melalui online. Bagaimana tahapan menjual melalui online silahkan baca artikel saya yang berjudul: “Cara Bisnis Online, Cara Bisnis di Internet”.

One response on “Cara Memasarkan Produk Baru

  1. mebel jepara says:

    bener kuliah ini.
    salam semua. biar pas bidikan pasarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *