Manajemen Strategi

25 March 2012
Komentar : 1
Kategori: Bisnis Online
25 March 2012, Komentar : 1

manajemen.strategiManajemen Strategi, Secara sederhana dapat di artikan sebagai Perencanaan, Pengorganisasian, Pergerakan, Pengawasan dalam rangka pengambilan keputusan.

. (Planing)
Dalam menyusun suatu perencanaan hendaknya dikaji dari beberapa sisi, seperti: sisi pendekatan, sisi fungsi perencanaan, sisi jangka waktu dan sisi tingkatan perencanaan. Dari beberapa sisi tersebut akan menyatakan bahwa ide bisnis dapatdirencanakan atau tidak.

Pengorganisasian (Organizing)
Sama halnya dengan aspek perencanaan, pengorganisasian hendaknya dikaji dari beberapa sisi, seperti: bagaimana langah dalam pengorganisasian, bagaimana azas organisasi yang akan dipilih, bagaimana struktur organisasi yang hendak di rancang dan bagaimana prestasi organisasi yang di inginkan.

Pergerakan (Actuating)
Aspek pergerakan yang juga merupakan bagian dari manajemen, hendaknya dapat diperkirakan juga apakah kelak dapat berjalan dengan baik atau tidak sehingga dapat diambil keputusan yang tepat. Missal, perilaku dan sikap seorang pemimpin seharusnya memenuhi criteria agar dia dapat menggerakkan bawahannya (cara berkominikasi, pemberian motivasi, kemampuan memimpin dan pengambilan keputusan yang tepat) dalam satu visi dan misi.

Pengendalian (Controlling)
Pengendalian memiliki beberapa fungsi pokok diantaranya:
*Mencegah terjadinya penyimpangan.
*Memperbaiki berbagai penyimpangan yang terjadi.
*Mendinamiskan organisasi.
*Mempertebal rasa tanggung jawab.

Secara teori sebuah manajemen adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan, karena banyak sekali faktor yang harus terpenuhi agar pengambilan keputusan dapat diambil dengan benar. Apalagi jika anda akan mengambil keputusan pemasaran usaha kecil atau bisnis rumahan rasanya hal tersebut terlalu njlimet untuk dilakukan.

Saya pribadi tidak pernah terlalu berpikir secara teori, saya lebih suka hal-hal yang praktis dan tidak membingungkan. Memang secara teori penjelasan diatas hasilnya sangat mumpuni juka benar-benar dilakukan dengan benar. Namun bagi saya, manajemen strategi atau strategi manajemen yang mudah dipahami dan dilakukan adalah:

Semisal anda akan menjual atau memasarkan sebuah barang/produk

  1. Strategi Segmented
    1. Apakah segmen produk yang akan anda jual cukup besar (siapa sih yang akan membeli barang anda?anak sekolah, ibu rumah tangga, bapak-bapak), saya rasa sangat gampang mengamati hal tersebut.
    2. Segmen yang anda bidik apakah memiliki daya beli yang kuat? Semisal anda berjualan jilbab, pilih segmen ibu-ibu PNS, karyawati swasta.
    3. Sudah adakah kompetitor atau pesaing dari segmen yang anda bidik? jika ada, anda harus pandai-pandai mengamati apa yang sudah dilakukan oleh kompetitor anda, atau kalau memang kompetitor anda cukup kuat, anda harus pandai-pandai mengambil celah mereka, lakukan sedikit modifikasi produk.
  2. Strategi Targeted. Ini adalah tindak lanjut dari strategi segmented yang telah anda lakukan.
    1. Bagaimana kondisi pasar yang anda target sekarang? Sudah berubah atau justru telah ditinggalkan oleh konsumen yang telah kita jadikan target. Semisal anda jualan jilbab, apakah model jilbab dengan hiasan flannel masih disukai atau justru sudah ditinggalkan? Ini yang harus anda cermati.
    2. Apa yang menjadi landasan anda memilih pasar tersebut?
    3. Anda harus dapat mengamati dengan teliti bahwa segmen tersebut cukup potensi.
    4. Adakah segmen lain yang lebih potensi?
  3. Strategi Positioning. Anda harus tau apa yang akan dilakukan konsumen untuk mendapatkan produk yang anda jual, bagaimana konsumen mengingat produk yang anda jual (unik dari segi namanya, Merknya, bentuknya dan iklan. Missal, kalau saya katakan iklan sepeda motor yang bintang iklannya Komeng, tanpa saya sebut merknya pasti dalam hati anda akan menjawab)

Menurut saya tiga strategi diatas yang mudah dan tepat untuk melakukan perencanaan anda dalam membuka bisnis, selain langkah selanjutnya yang harus anda lakukan seperti:

  • Pembagian tugas. Contoh, anda akan jualan gorengan, siapa yang akan menggoreng dan siapa yang akan melayani pembeli.
  • Untuk pengendalian saya rasa tanpa saya jelaskan panjang lebar anda akan lebih bisa berhati-hati dalam menjalankan bisnis untuk memperkecil resiko penyimpangan, apalagi jika yang akan anda jalankan adalah bisnis keluarga. Faktor utama keberhasilannya adalah anda dan keluarga anda sendiri. Hati – hati dengan tiga hal dibawah ini:
    • Kecerobohan. Pasti faktor ini penyebabnya adalah anda sendiri, karena kurangnya pengawasan.
    • Teman dan saudara. Kepercayaan yang berlebihan dan tanpa control yang kuat, jika terjadi penyelewengan akan berakibat sulit dalam menyelesaikan.

Demikian sedikit strategi manajemen atau manajemen strategi yang dapat saya sampaikan semoga dapat membantu.

Akan saya lanjutkan artikel yang sesuai dengan bidang saya yaitu bisnis online, dan tetap mengacu pada strategi segmented, targeted dan positioning.

shareseriale online subtitrate

Incoming search terms:

One response on “Manajemen Strategi

  1. mebel jepara says:

    bagus.. kunjung ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>