Pembicara Seminar Kewirausahaan, Kewirausahaan Mahasiswa STIKOM PGRI Banyuwangi

27 January 2013
Komentar : 0
Kategori: Informasi
27 January 2013, Komentar : 0

Seringkali kita mendengar kata kewirausahaan, wirausaha atau wirausaha mandiri. Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan kewirausahaan itu sediri? Menurut saya kewirausahaan adalah:

Sebuah konsep mewujudkan potensi diri dalam rangka menuju sebuah kemandirian dengan jalan berwirausaha atau berbisnis

Negara kita saat ini sedang menggalakkan penambahan di Indonesia. Dengan bertambahnya jumlah di Indonesia maka diperkirakan akan banyak menyerap tenaga kerja yang bertujuan mengurangi jumlah pengangguran yang selama ini menjadi kendala yang tak pernah kunjung selesai.

Berbagai macam cara yang digunakan dalam rangka mengurangi pengangguran. Pelatihan pemuda digalakkan di beberapa daerah di Indonesia, hingga event-event untuk pemuda seperti yang diadakan oleh bank Mandiri, semua dalam rangka memacu minat pemuda utamanya untuk berwirausaha.

pembicaraseminar.seminarkewirausahaanmahasiswaKembali pada konsep kewirausahaan, pada tanggal 14 November 2012, saya bekerjasama dengan STIKOM PGRI Banyuwangi mendukung konsep kewirausahaan kepada pemuda/mahasiswa. Program ini diwujudkan dalam event KKN (Kuliah Kerja Nyata). Kliah Kerja Nyata yang biasanya di adakan dengan program yang monoton seperti membangun jembatan, jalan atau membangun tugu perbatasan. Kali ini program KKN mahasiswa STIKOM PGRI Banyuwangi di fokuskan pada bidang kewirausahaan sekaligus bertujuan membantu peningkatan potensi UKM (Usaha Kecil Menengah) yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Dengan cara ikut berkecimpung dalam kegiatan UKM utamanya dalam hal pemasaran produk.

Program Kuliah Kerja Nyata ini didukung oleh DISPERINDAG Kabupaten Banyuwangi. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi mendukung baik program tersebut. Ini adalah angin segar bagi STIKOM PGRI Banyuwangi dalam rangka dengan konsep membantu meningkatkan potensi Usaka Kecil Menengah atau UKM.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata tersebut diadakan selama 2 (dua) Bulan. Adapun tahap kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Minggu Pertama
    Mahasiswa diluncurkan ke Desa sekaligus meminta ijin kepada aparat desa, untuk menggali informasi tentang UKM (Usaha Kecil Menengah) yang ada didesa tersebut.
  2. Minggu Kedua,
    Mahasiswa di haruskan mempelajari product knowledge masing – masing UKM yang di dampingi.
  3. Minggu Ketiga
    Mahasiswa kami latih trik dan strategi Marketing Online. Trik dan strategi tersebut diantaranya:

    • Bagaimana cara Riset Produk yang benar melalui Internet
    • Bagaimana cara Membidik Target Pasar di internet
    • Bagaimana cara menganalisa pasar di Internet
    • Bagaimana cara mempromosikan produk yang tepat sasaran
    • Bagaimana cara yang benar menawarkan produk melalui facebook dan twitter.

     

  4. Minggu Keempat
    Mahasiswa mulai memasarkan produk UKM melalui bisnis online

Al hasil, Program tersebut memetik buah manis. Mahasiswa hanya dalam waktu satu hingga dua minggu sukses membantu permasalahan ukm dalam hal pemasaran. Hampir 90% mahasiswa berhasil menjual produk UKM dengan cara online. Salah satu contoh blog gratisan milik Muhammad Ulir Rifky: http://jualpancingonline.wordpress.com/, hanya dalam waktu satu minggu sejak pembuatan mendapat order bertubi-tubi keseluruh wilayah Indonesia. Dan masih banyak lagi produk yang mampu hingga bernegosiasi dengan pembeli dari India.

Dari kegiatan tersebut, dapat disimpulkan bahwa:

  1. Membuka wawasan kewirausahaan Mahasiswa melalui Bisnis Online
  2. Mendidik Mahasiswa untuk berwirausaha, dengan jalan terjun langsung membantu masyarakat UKM
  3. Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat yang tepat sasaran

Saya hanya bisa mengatakan bahwa kewirausahaan itu penting ditanamkan sejak dini, guna melatih peningkatan potensi diri.

Demikain sedikit tulisan dari saya, semoga bermanfaat bagi Anda dan dapat menyumbangkan ide serta wawasan tentang kewirausahaan.

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *