CARA CERDAS BERWIRAUSAHA | Contact Us: 081 358 00 5678 | 081 559 833 093 | 081 934 831 888 | PINBB: 2A1B9736

Pendidikan Wirausaha dan Kewirausahaan di Sekolah

pendidikan.wirausaha.kewirausahaan.sekolahPendidikan Wirausaha – Pengembangan kewirausahaan atau entrepreneurship adalah kunci kemajuan sebuah bangsa. Mengapa? Karena pendidikan wirausaha solusi atasi masalah pengangguran dan kemiskinan, yaitu dengan membuka lapangan pekerjaan atau berwirausaha.

Rumusan suatu negara makmur adalah apabila 2% jumlah penduduknya adalah pengusaha/wirausaha. Pada tahun 2009 jumlah pengusaha di Indonesia sebanyak 450.000 orang, atau sekitar 0,18% dari total penduduk indonesia sebesar 250 juta. Jelas terlihat bahwa Indonesia belum termasuk negara yang makmur, jika dibandingkan Amerika dengan jumlah pengusaha sebesar 7,2%, sedangkan Jepang dan Korea 5%.

Namun kita dapat sedikit belega hati, data jumlah pengusaha Indonesia 2012, meningkat menjadi 1,55 % dari total jumlah penduduk. Bagaimana dengan kekurangannya? Itu tanggungjawab kita bersama. Mulailah dari kita, mulailah dari sekarang untuk menciptakan pengusaha-pengusaha baru di Indonesia, dengan cara memberikan pendidikan wirausaha sejak dini kepada siswa.

Pemuda adalah tonggak utama untuk mewujudkan pemenuhan jumlah pengusaha di Indonesia. Dari tahun ke tahun, sekolah-sekolah meluluskan jutaan siswanya, permasalahan bangsa Indonesia yang sejak dulu belum juga usai teratasi yaitu pengangguran akan semakin bertambah setiap tahunnya. Sungguh disayangkan jika hal itu tidak segera diatasi.

Selama ini pendidikan sekolah hanya memberikan teori tentang pendidikan wirausaha. Prosentase aplikasi atau penerapan ilmu di dunia usaha/ sungguh-sungguh minim, bahkan siswa tidak mengerti bagaimana harus melangkah dengan ilmu yang mereka dapatkan dari sekolah. Ini sebuah kenyataan, seorang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang telah lulus, tidak akan dapat melakukan apa-apa setelah mereka lulus, bahkan untuk sarjana yang relatif potensial terserap di lapangan kerja pun, sampai pertengahan tahun lalu 70 persen dari 6.000 sarjana pertanian lulusan 58 perguruan tinggi di Indonesia menganggur. Itu semua disebabkan oleh minimnya pengetahuan kewirausahaan yang aplikatif. Pada umunya pendidikan kewirausahaan yang diberikan hanya berupa teoritis saja. Disinilah arti pentingnya modul pendidikan wirausaha harus ditanamkan sejak di jenjang pendidikan anak usia dini dan bukan dicangkokkan mereka setelah lulus.

Dengan dilatih dan diberikan pengetahuan kewirausahaan sejak dini, diharapkan pemuda-pemuda atau siswa-siswa memiliki harapan apabila mereka lulus nanti. Namun tetap kembali pada konteks pelatihan dan pengetahuan wirausaha yang aplikatif bukan sekedar teori menjadi wirausaha tanpa ada solusi yang tepat untuk siswa.

Banyak sekali cara untuk menjadi seorang pengusaha, berdagang, membuka bengkel dan banyak lagi. Namun, semua itu permasalah yang dihadapi kebanyakan dalam hal modal. Sedikit sekali masyarakat Indonesia yang tahu, sebenarnya ada cara dan jalan utnuk menjadi seorang pengusaha yang nyaris tanpa modal, yaitu menjadi pengusaha online atau onlinepreneur. Tidak sedikit pengusaha online yang sukses menjalankan bisnisnya bahkan sampai ke ranah export. Salah satu contoh, pemuda bernama, Reza Nurhilaman presiden keripik maicih dari Bandung, jutawan muda ini berhasil menjadi pengusaha diawali dengan bisnis kripik melalui internet. Menurut saya salah satu cara yang mudah dan murah untuk menjadi seorang pengusaha adalah dengan menjadi pengusaha online. Kelebihan bisnis online Silahkan baca artikel saya yang berjudul: “Trik, Cara Menjual Produk Usaha Kecil Rumahan”.

Kesimpulannya, pendidikan wirausaha secara aplikatif sejak dini kepada siswa adalah sangat penting guna mencetak pengusaha-pengusaha muda dan wirausaha muda mandiri di Indonesia, guna mengatasi jumlah tingkat pengangguran.

Demikian artikel saya tentang Pendidikan Wirausaha dan Kewirausahaan di Sekolah, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Jika Anda membutuhkan Privat, Seminar, Workshop, Konsultasi marketing dan Konsultasi Internet Marketing silahkan hubungi saya, Jl. Jualnda 126 Jajag-Gambiran-Banyuwangi. Telp (0333) 39 44 28. Handphone: 082 141 307 178 atau 081 358 00 5678

shareSeriale Online Subtitrate

Incoming search terms:

 
Comments

No comments yet.

 
Mungkin Ini Yang Anda Cari..?close