Pilar Sukses Dalam Wirausaha

12 May 2012
Komentar : 0
Kategori: Informasi
12 May 2012, Komentar : 0

, Kalau sekarang kita sering mendengar istilah , kebanyakan pasti mengasosiasikan dengan . Bisa iya bisa juga tidak. Karena kalau ditilik dari artinya adalah ‘is an owner or manager of a business enterprise who makes money through risk and initiative’

Jadi kata yang paling cocok dengan kaidah bahasa Indonesia adalah wirausaha atau orang yg pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Terlepas dari berbagai arti, maksud, serta pembagian menjadi beberapa jenis entrepreneur termasuk sosialentrepreneur dan technopreneur. Kita kembali ke arti sesungguhnya.

Semakin banyak calon wirausaha yang mempertimbangkan untuk memulai mereka sendiri, hal penting harus mereka ketahui adalah langkah-langkah apa saja yang diperlukan untuk memulai .

  • Melihat Peluang
    Langkah pertama untuk atau Wirausaha adalah mengidentifikasi peluang. Pengusaha harus bisa melihat dan mencari kebutuhan apa yang belum terpenuhi di masyarakat. Sering kali kebutuhan ini terlihat melalui inefisiensi yang terjadi di pasar. Dari sisi inilah entrepreneur akan menemukan jalan keluar permasalahan dan lahirlah sebuah kesempatan usaha.
  • Menilai Peluang
    Banyak pengusaha yang hanya menyimpan  jurnal yang sangat detail tentang  berbagai peluang yang datang setiap hari. Sedangkan untuk bisa mengidentifikasi peluang dibutuhkan ketrampilan dan kreatifitas tertentu. Begitu juga saat menganalisa, menghitung dan menilai peluang yang datang. Setiap kesempatan harus dinilai dan dihitung termasuk kebutuhan sumber daya manusia dan sumber daya keuangan, penilaian dan perhitungan yang dilakukan akan menentukan berhasil atau tidaknya sebuah usaha.
  • Memilih Peluang
    Salah satu risiko terbesar calon wirausaha dalam memilih kesempatan  dan menentukan kesempatan yang salah adalah penghitungan biaya. Kadang, kesalahan penghitungan biaya akan berakibat pada hal lain terutama pada usaha lain yang telah dirintis dan terbilang sukses. Di sinilah seorang entrepreneur di uji. Memilih dan memutuskan.  Setelah dipilih, tidak ada lagi penghitungan ulang atau mundur. Untuk itu entrepreneur harus fokus supaya segala upaya yang dilakukannya adalah mendorong ke arah kesempatan yang dipilih, dan tidak tercipta korban usaha akibat pilihan tersebut.
  • Melaksanakan Peluang
    Eksekusi atau kemampuan untuk menghasilkan nilai tertinggi dari sebuah kesempatan yang diambil, membutuhkan kombinasi unik dari kreativitas, semangat, ketekunan, fokus, tanggung jawab, perencanaan kecerdasan, dan energi.

Entrepreneur atau wirausaha, perlu mengetahui tugas-tugas apa yang harus diselesaikan, mana yang menjadi pendorong utama supaya tugas-tugas dapat  diselesaikan dengan cara yang tepat. yang dirancang bersama seorang ahli mungkin akan memudahkan entrepreneur untuk mencari dan menemukan langkah-langkah besar untuk memastikan keberhasilan usaha.

Memahami empat langkah kewirausahaan memungkinkan pengusaha untuk memahami jalan yang akan mereka memulai dan lalui. Jalan yang penuh dengan kejutan, perangkap tersembunyi, kegembiraan yang luar biasa, kepuasan, dan dan tentu saja peluang baru untuk membangun kerajaan yang lebih besar.

shareSeriale Online Subtitrate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *