Seminar Internet Marketing UKM Banyuwangi

20 April 2014
Komentar : 0
Kategori: Informasi
20 April 2014, Komentar : 0

internet.marketing.ukm.banyuwangiSeminar Internet Marketing , 25 Juni 2012 – Disperindagtam (Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pertambangan) Kabupaten Banyuwangi mengadakan Program Pengembangan dan Menengah, yang bertempat di VIP Room Hotel Mahkota Plengkung Banyuwangi. Program ini diikuti oleh beberapa pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM)  yang ada di Banyuwangi. Program ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada atau pelaku bisnis agar lebih memiliki kreasi untuk menjalankan usahanya atau sebagai pengusaha.

Disperindagtam dalam acara ini menambahkan materi kepada peserta tentang melalui . dengan pembicara : Cucuk Rustandi Pendekar Internet Marketing, Tema: ”SOLUSI CERDAS BERBISNIS”. Seminar internet marketing diharapkan dapat membuka wawasan serta angin segar untuk peserta dalam hal pemasaran, yang selama ini belum pernah dilakukan oleh pemilik usaha di Banyuwangi.

di Banyuwangi selama ini dalam hal pemasaran produk hanya mengandalkan penjualan secara offline. Dengan adanya materi tentang internet marketing ini diharapkan mereka dapat menganalisa pasar dengan benar, sehingga produk mereka benar-benar diterima di pasar dan tidak hanya menjual yang tidak tahu arah dan tujuannya.

Harapan Disperindagtam Banyuwangi untuk dapat membuka wawasan dan memberikan angin segar kepada peserta tentang pemasaran sukses dilaksanakan, ini terbukti dari antusias yang luar biasa dari peserta. Beberapa poin yang disampaikan dalam seminar internet marketing antara lain:

  1. Analisa Jumlah Peminat/pencari Produk di pasar online.
    Artinya, pemilik produk dapat mengetahui berapa besar peminat/pencari produk mereka dalam sebulan di Indonesia maupun di Dunia.
  2. Bagaimana tingkat kompetisinya.
    Selain jumlah peminat, mereka juga dapat mengetahui bagaimana tingkat kompetisi dan kondisi kompetitor produk mereka (kuat, sedang atau lemah).
  3. Produk yang sedang trend.
    Tujuannya, agar pemilik produk mengetahui trend produk mereka dipasar, sehingga dapat terus mengikuti trend pasar yang ada.
  4. Daerah potensi pemasaran.
    Dengan analisa ini produsen atau pemilik produk dapat mengetahui daerah mana yang sedang potensi membutuhkan produk mereka.

Empat hal diatas terbukti sangat memberikan angin segar kepada peserta sehingga disperindag mengambil langkah untuk melakukan pelatihan internet marketing kepada Industri kecil dan menengah yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2012.

Empat poin diatas dapat digunakan atau sebagai sarana untuk membidik pasar dengan tepat. Sehingga produsen tidak asal menjual produk tapi menjual dengan tepat sasaran.

Ilmu Internet Marketing benar-benar sebuah angin segar bagi industri kecil dan menengah di Banyuwangi. Karena, Secara langsung dan dengan mudah mereka dapat melihat secara jelas dan luas serta membidik pasar dengan tepat sasaran.

shareSeriale

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *