Solusi Kendala Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam Hal Pemasaran

16 August 2013
Komentar : 2
Kategori: Informasi
16 August 2013, Komentar : 2

atau sering kita sebut dengan UKM. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”

Akhir – akhir ini banyak bermunculan usaha kecil utamanya di tiap-tiap daerah atau kabupaten. Mulai dari makanan, minuman, makanan olahan, batik, kerajinan dan masih banyak lagi yang lainnya. Meskipun disebut dengan usaha kecil, namun UKM memiliki peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia, salah satunya mengurangi pengangguran atau menambah lapangan pekerjaan.

Namun demikian, ukm masih perlu mendapat perhatian dari pemerintah. Kebanyakan dari mereka terkendala oleh tiga hal, Tiga hal yang menjadi kendala UKM dalam menjalankan usahanya antara lain:

  1. Modal
    Sebagian UKM masih sulit mendapatkan modal dari perbankan karena likuiditas usaha yang notabene masih sangat kecil. Namun kini sudah mulai dapat teratasi dengan adanya program KUR dan support dari pnpm Mandiri.
  2. Sumberdaya
    Pemilik UKM yang masih tradisional sehingga produk yang dihasilkan kurang inovatif. Namun hal ini juga sudah mulai teratasi dengan adanya support dari pemerintah dengan pelatihan-pelatihan untuk ukm serta bantuan mesin-mesin produksi.
  3. Pemasaran
    Pemasaran rata-rata masih dipasarkan hanya daerah sekitar, padahal kualitas produk sudah mampu untuk menjangkau ke negara lain untuk export.

Pesatnya perkembangan tehnologi informasi membawa dampak yang sangat besar terhadap masyarakat. Tehnologi internet mengikis batas ruang dan waktu. Dengan facebook kita dapat berkomunikasi dengan teman yang ada diluar negeri, dengan website dapat menghubungkan informasi negara satu dengan negara lain.

Dengan kecanggihan tehnologi ini sebenarnya kesempatan bagi UKM untuk mengembangkan potensi produknya. Karena dengan begitu semua informasi produk UKM dapat terupdate dan dilihat oleh seluruh penduduk dunia. Cukup dengan modal GRATIS…

Dengan sentuhan trik dan strategi marketing saya yakin dengan cepat akan membuka lebih lebar lagi kesempatan UKM untuk meraih pasar dunia. Berikut saya berikan tips dan trik marketing untuk memasarkan atau mempromosikan produk UKM secara GRATIS ke seluruh dunia dengan segmented dan targeted:

  1. Analisa Bisnis yang akan anda pasarkan atau promosikan
    Lakukan: :
    Riset Produk, Target Pasar dan Analisa kompetitor anda terlebih dahulu dengan menggunakan tool GRATIS dari Google. Tool gratis tersebut adalah: Google.co.id, Google adword keywordtool dan Google Trends. Melalui tool tersebut anda dapat dengan mudah mengetahui, Trends Produk anda seperti apa? Seberapa besar potensi produk anda? Bagaimana tingkat kompetisinya? Daerah mana yang sedang membutuhkan atau rame mencari produk Anda?
  2. Bikin Display Produk atau Toko untuk memajang/memasang produk
    Setelah anda mengetahui situasi pasar, bikin website Gratisan untuk membuat took online. Anda bias menggunakan wordpress, blogspot atau blogdetik. Tulis dan pampang semua produk anda disana.
  3. Pasang Iklan Gratis dan forum-forum jual beli.
    Gunakan Google Trends untuk melihat daerah yang berpotensi besar membutuhkan produk anda(anda juga bisa membidik untuk pasar luar negeri). Kemudian pasang iklan gratis di daerah-daerah tersebut. Posting produk anda di forum-forum jual beli yang banyak tersebar di internet.
  4. Tawarkan Produk di social media
    Buat akun facebook untuk menawarkan produk anda, sebar di group dan iklan gratis dalam negeri dan luar negeri yang ada di facebook. Branding atau sebarkan produk anda melalui twitter.

Beberapa poin di atas akan sangat membantu anda dalam hal pemasaran produk utamanya produk-produk UKM yang mengalami kendala pemasaran. Dengan begitu produk anda akan lebih dikenal di dunia luar.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca, serta menambah wawasan dan semangat untuk mengembangkan bisnis atau usahanya lebih maju lagi.

Seminar, Pelatihan, Privat Internet Marketing, Hubungi:

Cucuk Rustandi Pendekar Internet Marketing
Office:
Jl. Juanda 126 Jajag-Banyuwangi. Telp. (0333) 39 44 28
Simpati: 081 358 00 5678 | Mentari: 081 559 833 093
XL: 087 755 88 12 88 | Flexi: (0333) 777 2 777
PINBB: 2A1B9736

share

2 responses on “Solusi Kendala Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam Hal Pemasaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *