Strategi Pemasaran

10 March 2012
Komentar : 0
Category: Bisnis Online
10 March 2012, Komentar : 0

Strategi.pemasaran.marketingStrategi Pemasaran Bisnis Online, Seperti Apa…? Pemasaran selalu membuat pelaku bisnis atau pemilik produk bingung dan frustrasi, karena tak jarang yang mereka lakukan cenderung menghabiskan uang namun tingkat keberhasilannya pun rendah, apalagi di tengah pasar yang jenuh dan kompetisi yang ketat. Begitu banyak biaya promosi dan marketing yang sudah dikeluarkan tetap begitu sulit mendapatkan pelanggan yang ‘profitable’. Tak jarang bahkan mereka harus perang harga dan jual rugi demi mendapatkan ‘sales’, percuma juga kalau seperti itu. Bagaimana SOLUSI pemasaran agar biaya yang dikeluarkan rendah namun provitnya tinggi? Berikut solusinya…

Secara TEORI (kata para ilmuan), Strategi pemasaran yang effektif akan memberikan anda ‘profit’ dan untuk bisa melakukan ini, setidaknya ada 5 kiat dalam memasarkan:

  1. Memilih ceruk pasar yang tepat dan memberikan ‘profit’
  2. Melakukan ‘positioning’ yang kuat sehingga unik di pasar. Contoh: Klien saya yang bergerak di bagian manufacture memposisikan sebagai perusahaan yang menggaransi presisi pekerjaan.
  3. Desain produk- Menerapkan ‘law of attraction’ sehingga konsumen rela antre membeli seperti produk-produk Apple, toyota.
  4. Melakukan iklan yang ‘low cost dan high impact’- headline yang provokatif dan mudah dimengerti.
  5. Distribusi yang mudah dijangkau oleh konsumen anda- contoh kripik dari bandung berjualan melalui mobil yang selalu mobile untuk menjangkau konsumen.

Waduh…malah tambah pusing mendengar orang-orang pintar kalau berbicara tentang strategi pemasaran. Saya yang nulis saja bingung bagaimana cara memahaminya.

Jangan mau yang ribet, sekarang jamannya sungguh sulit kenapa kita harus menyulitkan diri dengan ilmu-ilmu marketing yang super njlimet. Bagi saya intinya adalah bagaimana solusinya agar jualan bisa kenceng, order datang tiap hari, 5, 10, 15 orang telp nanyakan barang kita. Itu kan yang anda inginkan?. Langsung aja, ini caranya…..

JUAL BARANG ANDA LEWAT INTERNET….

Kenapa?
Anda ingin tau kenapa jualan melalui internet (ONLINE) lebih potensi dibandingkan dengan OFFLINE? Ini buktinya:
” Pengguna internet di dunia telah mencapai 2,095,006,005 pengguna, pengguna internet di asia mencapai 922,329,554 dan Negara Indonesia menduduki peringkat 4 di Asia dengan total pengguna sekitar 39,6 juta pengguna berdasarkan data tahun 2011, Nah dengan melihat data tersebut kita dapat membayangkan betapa besarnya pangsa pasar di internet sesuai dengan segmentasi pasar yang beragam”. (sumber: http://www.internetworldstats.com/stats3.htm)

Dan ini kelebihan berjualan di internet:

  1. Iklan gratis
  2. Jangkauan sangat luas, bahkan anda bisa menjual keseluruh dunia.
  3. Anda bisa jual kepada orang yang tepat (benar-benar membutuhkan). Missal jual jilbab, anda bisa langsung membidik ibu-ibu. Jualan ayam Bangkok, anda langsung bisa membidik bebotoh, dan sebagainya.
  4. Anda bisa mengetahui daerah mana yang sangat membutuhkan produk anda. Sehingga iklan bisa benar-benar targeted.
  5. Cara menganalisa pasar cukup 15 menit, anda sudah dapat mengetahui seberapa kuat competitor, seberapa banyak orang yang membutuhkan barang dan jasa anda, daerah mana yang berpotensi untuk membeli barang dan jasa anda.
  6. Tidak perlu karyawan pemasaran, karena website anda adalah mensin penjual yang sangat handal.
  7. Kalau ngomongin biaya anda cukup beli pulsa untuk koneksi internet yang tak lebih dari 100.000 perbulan.

Mudah sekali bukan? Tapi mungkin sebagian dari anda ada yang timbul kebingungan baru. Jangan bingung, kata slank :” hidup memang sudah susah, jangan tambah dibikin susah…”.

Berikut saya berikan contoh hasil analisa saya menggunakan data mbah Google tentang jual “Aksesoris Motor”.

  1. Peminat, sejak 12 bulan terakhir ada 40.500 orang di Indonesia yang berminat. Analisa ini bisa anda lakukan untuk seluruh dunia, ini hanya saya bidik di Indonesia saja.
  2. Dalam Tiga bulan terakhir, kota yang banyak mencari aksesoris motor melalui internet adalah : Samarinda, Depok, Jakarta, Malang. Untuk kawasan/area yang harus anda bidik adalah: Sulawesi selatan, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, Riau, Bali, Kalimantan Timur dan lain sebagainya, tidak saya tulis semua. Data ini gunakan sebagai tempat pemasangan ikan anda, agar lebih terarah.
  3. Pembahasan/Artikel yang sedang digemari dan harus anda tulis agar pengunjung suka mengunjungi website anda dan google akan merekom anda jika ada yang mencari aksesoris motor anda adalah: Modifikasi Motor Honda, Modisikasi Mio, Modifikasi Motor 2012, Motor bebek modifikasi dan masih banyak lagi.
  4. Agar lebih DAHSYAT lagi, anda harus mengkombinasi penjualan anda melalui facebook. Bidik juga pasar yang tepat disana, ga perlu banyak teman, bagaimana caranya? Saya tidak bisa menjelaskannya disini.

Apakah data tersebut diatas masih kurang untuk membidik pasar yang benar-benar segmented dan targeted (terarah)? Itulah kehebatan berjualan di internet dengan menggunakan jasa mbah Google, dan ingat, semuanya GRATISS…..
Beriku saya share juga tahapan berjualan/membuat toko di internet agar anda tidak bingung :

  1. Analisa pasar dengan menggunakan tool yang telah disediakan oleh google secara gratis ( contoh: google adword dan kawan-kawan).
  2. Bikin websitenya. Ingat, cukup pakai gratisan saja (wordpress, blogspot, blogdetik, dan lain-lain) jangan mau yang bayar, itu pemborosan.
  3. Optimasi website atau optimalkan website anda menjadi mesin penjual yang super handal di internet.

Bagaimana? Sudah jelas dengan sedikit tulisan saya? Sebagian dari anda saya yakin masih bingung. Jangan kuatir, saya siap anda hubungi 24 jam untuk memberikan konsultasi tentang meningkatkan bisnis anda, khususnya dibidang penjualan melalui internet, saya juga menyediakan layanan privat, workshop dan seminar buat anda. Tentunya mengenai strategi jitu membidik pasar di internet.

shareSeriale Online 4YGQ63XM4CT8

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>